3 hari dan 2 Malam di Balikpapan

Balikpapan
Balikpapan

Setelah bingung mau kemana lagi, akhirnya mata ini melihat salah satu kota di kalimantang sepertinya asik buat dikunjungi, yaitu balikpapan, dikarenakan kota balikpapan ini terkenal ddengan kepitingnya, jadi tujuan utama ke balikpapan adalah buat makan kepiting sepuasnya,namun ternyata balikpapan lebih dari sekedar kuliner kepiting

Hal yang bikin saya kaget adalah, balikpapan bisa dikatakan perluasan pulau jawa, sebab di balikpapan ini saya menemui banyak sekali transmigran dari jawa timur terutama

Bahkan 90% supir Ojol yang kami pakai adalah orang jawa, namun lahir di balikpapan, jadi ceritanya bapak dan ibunya adalah transmigran puluhan tahun silam, dan di ojol ini adalah anaknya yang lahir di balikpapan 20 tahun lalu, luar biasa sekali

Bahkan mayoritas logat yang kami temui di balikpapan adalah logat jawa, bukan hanya soallogat tapi juga makanan nya sendiri, ada satu wilayah namanya MELAWAI dekat pertamina, yang dimana di melawai ini yang dijual adalah makanan – makanan khas jawa timur

Ada juga satu makanan yang orang ballikpapan rekomen di komenan yaitu SALOME, pikir teh apa itu salome, setelah kita cari2 akhirnya katahuan juga bahwa salome itu adalah Cilok wkwkwkw cukup kaget

Yuk mulai aja

Perjalanan ke balikpapan dimulai dari bandung, naik mobil menuju ke bandara kertajati majalengka yang memakan waktu hampir 2 jam, karena jalannya pelan2 aja,klo ngebut mungkin bisa 1 jam, disana mobil kami inapin dan kemudian lanjut perjalanan dengan pesawat menuju balikpapan

Sebelum ke balikpapan ini memang ada teman yang bilang bahwa balikpapan adalah kota yang cukupmaju sebab disana banyak minyak dan batubara, da benar sekali sesampainya di bandara Sepinggan balikpapan, terlihat bandaranya bagus sekali, lalu kami keluar dari bandara, naik ojol juga dan menuju hotel

KAGET sekali bandara sepinggan ini berada di pinggiran kota balikpapan sehingga perjalanan dari bandara menuju hotel hanya sekitar 20 menit saja, kami nginap di Pentacity hotel balikpapan, dimana kebetulan dpat kamar yang tinggi lantainya dan karena hotel ini tepat berada di tepi pantai, kami bisa melihat keindahan pantai di balikpapan

Melanjutgkan perjalanan, seperti tujuan awal makan kepiting, resto pertama yang kami kunjungi adalah bondy’s sesai dengan rekomendasi teman yang kebetyulan orang balikpapan, dan ASLI kepiting di balikpapan juga enak sekali

Selain resto seafood, di depannya juga bondy menjual aneka kue basah dan roti tawar katanya sih orang balikpapan kalau beli roti di bondy seringnya

Balkpapan juga terkenal dengan mantau, jadi pas makan di bondy’s langsung gojekin mantau goreng, dan baru pertama kali ini kami makan mantau dengan kepiting

Untuk mantau sendiri terkenalnya di balikpapan itu mantau dengan sapi lada hitam, besok2nya kami cobain dan memeng rasanya enak sekali

Biasanya di kota2 lain mantau itu hanya sebagai makanan cemilan yang jarang dinikmati, tapi di balikpapan ini, sepertinya masyarakatnya cukup meggemari mantau, sehingga banyak sekali toko mantau dan dijual dengan jumlah yang besar sekali

Sudah agak malam dan beberapa driver menyarankan kami untuk pergi ke MELAWAI, katanya kalau malam rame sekali dan beneran kami kesana ramai sekali, penuh orang jawa dengan makanan – makanan ala jawa timuran plus juga ada pisang gapit dan salome yang rasanya enak sekali

BUkan di jawa, ini balikpapan

Salome yang ternyata adalah olahan tepung dengan daging alias aneka cilok, di bawah ini salome goreng

besoknya baru kami mencoba salome yang adalah cilok

dan kami juga sempatkan diri ke toko oleh – oleh, langsung hari pertama cari oleh2, sebab perjalanan di balikpapan ini direncanakan hanya 2 malam saja, kalau boleh ngulang lagi, sepertinua bakal bugtuh 4-5 malam untuk bisa eksplorasi balikpapan lebih luas

HARI 2 : IKN

Selamat pagi Balikpapan, di hari kedua

Sebenarnya ke IKN ini kami cukup bimbang karena perjalananya cukup jauh

Estimasi dengan googla aja 2,5 jam , tapi kenyataannya hampir 3,5 jam perginya, pulangnya pun sama, tapi sepertinya kami ingin berpetualang, apalagi IKN ini sedang hits, dan menurut saya pribadi IKN ini bagus buat masyarakat kalimantan, sebab sejauh ini pembangunan indonesia hanya sekitar pulau jawa saja, ada bagusnya daerah lain juga dimajukan, ini hanya opini pribadi ya

Perjalanan kami lanjutkan dari hotel mulai jalan ke IKN, di jalan pagi 0 pagi sudah ada yang jualan roti , donut dan gorengan

kami sempatkan juga buat membeli nasi kuning, kejadian lucu, ternyata si ibu ga menyediakan sendok plastik, padahal kan tujuan kami beli ini buat dibawa makan di IKN, alhasil saya meawarkan rp. 10 ribu buat membeli sendok besi si ibu dan si ibu pun mau

Dari balikpapan kami lanjutgkan perjalanan ke penajam paser, awalnya saya bungung banyak sekali yang komend i facebook untuk ke PPU, saya bingung PPU itu apa ternyata selidik punya selidik PPU adalah penajam paser utara, dan sayang sekali waktu ga lama di balikpapan, suatu saat kalau balk ke balikpapan, saya akan sempatkan 1-2 malam di penajam paser, sepertinya menyenangkan

di jalan banyak sekali pohon ini

Juga ternyata banyak yang berjualan air serta toren di arah menuju ke IKN

Dan banyak juga buah sawit di jalan

Setelah perjalanan kurang lebih 3,5 jam akhirnya kami nyampe juga di IKN, disana disediakan bus listrik gratis, tinggal daftar dan naik bus, ada pemandunya juga

Dengan segala kekurangannya, projek IKN ini adlah proyek yang menurut saya luar biasa, katanya sih jarak 3,5 jam dari balkpapan ke IKN akan menjadi 1 jam saja kalau tollnya sudah rampung, mungkin dalam 1-2 tahun ke depan

Balik dari IKN, kami menggunakan Kapal ferry seharga RP. 300.000 per mobil

Laut di balikpapan, ada banyak juga kapal tongkang batubara

Kapal Batubara
Kapal Batubara
Kapal ferry
Kapal ferry
Pembangkit
Pembangkit

Pulangnya kami sempatkan sebentar mampir ke namin kopi kegendaris

Vihara

Serta kita jugamampir ke kepiting yang HITS di balikpapan, kepiting dandito dimakan dengan mantau isi sapi lada hitam< MANTAP BENER !!!

Sorenya mampir lagi ke pantai, liupa nama pantainya

Membeli salome di depan Polres

MAmpir lagi ke Melawai untuk membeli pisang gapit

Kue entah apa namanya, masih di wilayah melawai

Sunset di Melawai Balikpapan
Sunset di Melawai Balikpapan

Malam hari balikpapan

Hari 3 : Balik ke bandung, paginya kita ke pasar dulu

Warga balikppan pasti tau pasar ini

Makan coto makasar di PAntai Klandasan

coto makasar tepi pantai klandasan

Dilanjutkan ke roti netty yang paling viral dan cepat habis di balikpapan,antri hampir 20 menit buat beli roti ini

Mantau di balikpapan cetar banget

Perjalanan dilanjutkan kami makan kepiting di teluk bayur, pas di depannya ada yang jual pisang gapit, enak banget

Pisang gapit maryati, depan resto teluk bayur

Gambar pertama adalah kepiting di teluk bayur

Dan akhirnya kami balik juga ke bandung, asli keren banget balikpapan, rasnaya 3 hari ga cukup, suatu saat akan balik lagi lebih lama , balikpapan ternyata kota yang cukup maju, makanannya juga enak – enak, serasa ke jawa timur , kepitingnya mantap dan masyarakatnya yang ramah – ramah,sempai jumpa lagi balikpapan

Balikpapan :

  • Kepiting bondy
  • Kepiting dandito
  • Kepiting teluk bayur
  • Juga ada yang saranin kepiting kenari, tapi kami belum sempat coba
  • Roti Netty
  • Pantai klandasan
  • Penajam paser
  • IKN
  • Naik ferry melihat kapal tongkang
  • Melawai
  • Pisang gapit melawai
  • Pisang gapit depan teluk bayur
  • Salome
  • Salome telur
  • Coto makasar , juga ada konro
  • Kopi Nammin
  • Mantau (aneka merek semua enak, yang pakai sapi lada hitam paling mantap)

Leave a Reply