Jalan-jalan Seru ke Soreang 

Biasanya aku cuma ngelewat aja kalo ke Soreang, tapi kali ini aku berkesempatan buat explore semua yang ada di Soreang.

Seneng banget deh, saking ga sabarnya aku berangkat dari rumah jam 7 pagi di hari minggu.

Soalnya kata orang – orang perjalanan dari Bandung ke Soreang ga macet kalo masih pagi di weekend.

Waktu di perjalanan, aku juga lewat jembatan sungai citarum yang pasti kalo ke Soreang bisa lewat sini.

Kebetulan juga pas aku lewat lagi ga macet, karena biasanya kalau di hari dan jam kerja pasti orang-orang kejebak macet di jembatan ini.

Nah kalau udah lewatin Taman Kopo Katapang atau TKK ini artinya sebentar lagi kita akan sampai di Soreang.

Oke setelah menempuh perjalanan kurang lebih 45 menit akhirnya aku sudah sampai di Soreang.

Waktu dateng, aku langsung di sambut sama tugu strawberry yang ada di tengah jalan.

Katanya ini juga salah satu tugu kebanggaan orang soreang

kata warga sini, stroberi pernah menjadi salah satu komoditas andalan dan dijadikan ikon Kabupaten Bandung

Soalnya, waktu itu Kabupaten Bandung jadi salah satu daerah penghasil stroberi terbesar di Jawa Barat loh.

Ga jauh dari situ juga ada tugu sister cities atau kota sahabat di kabupaten bandung.

Nah di sebrang nya ada pasar minggu di Jl. Warung Lobak, orang Soreang pasti tau.

Pas aku kesana ternyata rame banget sama yang jualan aneka makanan, minuman, sayur mayur, lauk pauk sampai barang-barang perabotan. Harganya juga murah banget loh.

Aku juga liat ada banyak angkot yang lagi ngetem di sekitaran Jl. Warung Lobak di sebrang Tugu Strawberry dengan jurusan Soreang-Leuwipanjang yang banyak banget penumpangnya.

Nah ini Pasar Ikan Modern yang selain ada banyak penjual ikan, sayur mayur juga ada tempat makan seafood nya yang bisa kita pesan langsung seafood fresh. Sayangnya, sekarang pasar ikan ini sudah tidak beroperasi lagi.

Ga ketinggalan aku juga main ke Taman Uncal yang disana kita bisa ngasih makan rusa dengan bermodalkan beli wortel dan kangkung seharga Rp 5000 aja.
Disana juga ada pasar minggu nya dan ada taman bermain nya buat anak-anak, gratis.

Baru keliling sebentar tapi perut udah lapar, jadi aku mampir dulu ke Bakso Ayam Kriwil Parungserab yang harga seporsi nya cuma 15 ribu aja tapi rasanya enak banget.

Abis itu aku lanjut jalan-jalan lagi ke Pasar Induk Soreang, disini pusatnya pasar Soreang yang lengkap banget dan harganya juga murah meriah.

Ga jauh dari Pasar Soreang, kita bakal lewatin Terminal Soreang yang ada banyak angkot antar jurusan.

Berhubung udah agak siang jadi pas aku mampir ke Alun-alun Soreang ternyata udah sepi ga terlalu banyak orang nih, cuma ada banyak pedagang makanan aja.

Buat ngemil nya aku mampir dulu mau beli rujak yang viral di Soreang, tapi ternyata belum ready jadi aku beli buah-buahan aja.

Ga sengaja juga aku lewatin jalan dan bangunan yang ternyata bekas stasiun soreang loh dan masih ada logo nya juga.

Terus aku penasaran nih sama menara yang ada di Soreang, namanya Munara 99 Sabilulungan.

kata warga sini munara artinya menara, kalo sabilulungan artinya gotong royong

Dan ternyata 99 nya itu ketinggian dari menaranya itu sendiri gais 99 meter loh tingginya yang ujung nya ada di ujung kujang

Nah ujung kujang ini juga katanya sebagai senjata atau simbol orang sunda

Ga cuma itu kita juga bisa lihat Kabupaten Bandung dari ketinggian 75 meter loh

Berhubung aku lapar lagi jadi aku mampir dulu ke bakso cuanki goyang lidah yang viral karena pake sambel hejo, ga kalah enak loh apalagi minum nya sama es jeruk peras, enak banget.

Akupun penasaran pengen main ke Stadion Si Jalak Harupat, dan ternyata tiap hari minggu selalu ada pasar minggu di area masuk stadion dan luar stadion nya.

Buat oleh-oleh nya aku sengaja pengen banget makan molen yang terkenal di Soreang. Harganya cuma Rp 1000 aja per buah.

Walaupun harganya murah tapi rasanya enak banget, pisang nya lembut, manis dan balutan tepung nya kriuk, manis juga wangi aroma vanilla.

Aku lewat juga ke Kampung Sawah yang ternyata di dalem nya itu ada kolam renang. Banyak banget yang lagi main disini termasuk anak sekolah yang lagi berenang. Tempat makan di dalemnya juga ga boleh kelewat, makanan nya enak dan terjangkau juga loh.

Ga lupa buat makan malam nya aku juga mampir ke rumah makan Selera Sunda yang katanya terkenal di Soreang. Beneran enak loh paket nasi timbel nya apalagi ikan nila dan ikan gurame goreng nya mantap!

Ga kerasa seharian ini udah jalan-jalan sekaligus kulineran di Soreang, semoga lain waktu bisa main lagi kesini.

Terima kasih Soreang yang seru banget, sampai jumpa lagi!

Leave a Reply