Perjalanan Ke Manado

Selamat pagi semuanya, perjalanan ke manado ini buat saya berkesan agak personal, karena saya sebenarnya juga berasal dair Indonesia timur, tepatnya dari Ambon, dan di ambon banyak sekali orang manado, teman – teman sekolah semasa SD dan SMP juga banyak dari manado, sehingga perjalanan ini adalah perjalaan yang memiliki kesan nostalgia, walau ini adalah perjalanan pertama ke manado.

Oke kita mulai saja, perjalanan dari bandung kita mulai dengan naik Grab/Gojek ke stasiun kereta cepat padalarang, dan disana kemudian kita naik kereta cepat menuju ke stasiun halim dan dilanjutkan ke Bandara Soekarno Hatta Jakarta

Menunggu 1 jam-an kurang lebih di bandara soekarno hatta, kami langsung naik pesawat menuju ke bandari Sam Ratulanggi manado, senang sekali akhirnya bisa tiba di manado

Perjalanan ke manado membutuhkan waktu 3,5 jam di pesawat, karena pakai garuda jadinya dapat makanan juga dan karena udah cukup bosan, jadi kami mengisi TTS di pesawat untuk mengisi waktu luang

Mengisi TTS pun bosan, makan bosan juga karena 3,5 jam bukan waktu yang singkat hehe, tapi akhirnya sampai juga di manado

Sesampainya di manado, langsung kita kabari ke pemirsa di FB bahwa kami sudah tiba di manado dan meminta rekomendasi makan apa yang enak di manado dan ada beberapa yang dirkeomendasikan oleh warga manado antara lain :

  1. Tinutuan atau bubur manado
  2. Perkedel Nike
  3. Mie Cakalang
  4. Brebebon
  5. Pisang Goreng
  6. Nasi Kuning Selamat pagi
  7. Klappetart

Kami juga direkomenadikan di komenan netihen untuk ke warung pelangi , dan sesuai rekomendasi cuss kesana

Lantas sesuai rekomendasi kami juga membeli makanan – makanan yang direkoomendasikan di atas, dan ternyata rasanya sangat enak, waktu pesan langsung kit apost ke facebook dan ternyata kita dikenali oleh warga manado di resto tersebut , kmai merasa ssangat diterima disana hehehe

Sebelumnya saya asih agak trauma sama bubur manado, soalnya waktu kecil di ambon mama pernah bikin bubur manado tapi rasanya ga enak wkkwkkwkwkwkw, tapi ternyata di manaso, rasa bubur manadonya beda banget dan sangat enak

Paling terkesima dengan nike dan juga menu yang di kiri atas cuman saya lupa namanya, tolong bantu tulis di komen ya

Perkendel nika paling rekomen

Brebemon alpukat juga rasanya sangat enak, saya suka sekali

Setelah selesai makan, perjalanan kita lanjutkan sesuai dengan rekomendasi warga, dan banyak yang bilang ke megamas , di sana ada pantai juga seperti pada gambar di atas, dan baru kali ini saya melhat pantai seindah ini

Memang di ambon juga ada pantai natsepa yang tidak kalag bagus, tapi bedanya di manado ini pentainya berbatasan langsung dengan mall dan pelabuhan ke bunaken, dan anehnya walau berbatasan dengan industr langsung tetapi pantainya bisa terjaga sangat bersih, airnya pun jernih sekali

Karena biasanya kalau pantai sudah berbatsan dengan pelabuhan dan industri, biasanya jadi kotor, keren buat warga manado yang bisa menjaga kebersihan alamnya, keren banget

Setelah itu agak sorenya kami memutuskan untuk naik kapal untuk melihat matarhari terbenam, tikernya klo ga salah cuman 75 ribu per orang, ini perjalanan sekitar 1 jam , pulangnya sempat foto dermaga

Malamnya kami lanjutkan sesuai nge-mall liat2 mall yang HITS di manado, tapi malah nyasar ke IT Center yang katanya warga manado suka sekali ke IT Center dan makan di foodcourtnya

depan it center warga manado pasti tau

Hari 2 : TOMOHON – TONDANO

Besoknya kita lanjutkan perjalanan ke Tomohon, sebelum berangkat kita beli nasi kuning dulu boss, di NASI KUNING SELAMAT PAGI Jalan Sudirman

Setelah beli nasi kuning perjalanankita lanjutkan menuju ke tomohon

Pasar Tomohn – Pasar Extrime tomohon

ikan ckalang isi

Ikan malalugis

Proses pembuatan minuman alkohol ala manado “cap tikus”

Prosesya simpel, dari buah ini, buah nira, diambil airnya, di fermentasi menjadi sagues, kemudian didiamkan hingga asam , dan kemudian setelah asam, bakteri akan terus mem-fermentasi hingga menjadi campuran cuka dan alkohol dan kemudian di distilasi, karena buah nura sangat banyak, sehingga masyarkata manado dulu sangat mudah mnedapatkan produk alkohol yang dikenal dengan cap tikus hingga menimbulan cukup banyak dampak sosial, namun saat ini katanya sudah ada yang legal dan dikenakan cukai, dan katanya cukai cap tikus ini salah sastu yang terbesar penyumbang pendapatan pita cukai di manado

Keunikan manado dan suku minahasa adalah ada sebuah tugu, dimana di tugu yang berupa amphiteates ini katanya semua marga orang minahasa ditulis disini, dan beneran ini BUANYAK Banget, klo dihitung2 sepertinya ada lebih dari 500 marga, asli keren, manado sulawesi utara ini kaya sekali akan budaya

Kebetulan di dekat benteng juga ada yang pakai pakaian adat Cakalele, dan kami meminta untuk berfoto bersama

Pemakaman tradisional suku Minahasa “WARUGA”

Dalam perjalanan menemukan monumen Korengkeng Sarapung, saya sendiri kurang mngerti artinya, warga manado semoga mau kasi pengertian di komentar

Makan siang di Tepi Danau Tondano

Bersama tourgude yang adalah Seorang Pendeta di wilayah tombatu, kami diajak ke rumah kopi yang katanya HITS banget dan buka sejak jaman dahulu kala yaitu Rumah kopi Gembira yanhg buka sejak 1946

Pembuatan gerabah untuk tambang emas

Perjalanan pulang dari tomohon kami menemukan orang berjualan mangga dengan cara yang sangat unik, hanya ada di manado sepertinya

Tak llupa juga kami kunjungi Jembatan Paling Viral di Manado

tugu lilin

HARI 3 : Bunaken

Menuju Bunaken

Bunaken dari Drone

Makan siang di Bunaken

HARI 4 : Kembali Ke bandung

Pagi2 langsung aja berburu oleh2, dan yang paling berkesan buat kami adalah nasi kuning, jadi untuk pulangnya kami beli nasi kuning dulu disini, saya yakin warga manado patsi tau nasi kuning ini

Sebelum pulang kami sempatkan juga untuk makan siang di rumah makan rekomendasi warga manado, yaitu sari laut, disini makanannya enak banget, bikin langsung kangen manado, apalagi woku-nya SUPER BANGET !!!!!!

Setelah makan tiba juga saatnya meninggalkan manado, sedih sekali rasanya, semoga suatu saat bisa kembali lagi

Perjalanan dari manado, ke Bandara samratulangi, kemudian ke jakarta dan setelah tiba di jakarta dilanjutkan dengan kereta cepat dari stasiun halim ke bandung

Berikut ada beberapa foto dan rekomendasi juga yang menuurt saya wajib anda tau klo mengunjungi ke manado

Kue basah Manado

Kue basah manado di pinggir jalan

Gereja GMIM Manado

Mesjid raya Manado

Taman Kesatuan Bangsa

Oleh – oleh manado

Namanya boulevard klo ga salah

Ikan Tuna bakar CHIT CHAT, dada tuna dan rahang tuna

Klapetart

Monumen Yesus Memberkati

Leave a Reply