Keseruan Selama 3 Hari Di Sampit Yang Tak Terlupakan

Setelah berkeliling 4 hari di Kota Pangkalan Bun akhirnya aku pun berlanjut perjalanan menuju Kota Sampit. Di Kota Sampit ini aku berkesempatan untuk berkeliling selama 3 hari, dan siapa sangka walau hanya 3 hari tetapi banyak sekali pengalaman dan pembelajaran yang bisa aku dapetin selama disini, dan tidak lupa dengan makanan yang sangat enak dan sangat cocok di lidah ku.

Pada tanggal 5 Desember 2024 sekitar pukul 08.15 pagi hari aku berangkat dari Pangkalan Bun menggunakan kendaraan beroda empat. Selama di perjalanan aku melihat banyak sekali pohon sawit, sungai dan juga rawa. Pada saat itu jalanan cukup sepi jadi tanpa terasa setelah kurang lebih 5 jam perjalanan akhirnya aku sampai di Kota Sampit. Setelah melewati Tugu Selamat Datang aku pun terus melaju dan melihat ada Gereja yang cukup besar sekali dan tak lama dari situ aku pun sampai di Masjid Agung Wahyu Al-Hadi yang menjadi masjib kebanggan warga Sampit. Setelah beristirahat sebentar di sana aku pun melanjutkan perjalanan karna di sebrang masjid terdapat Tugu yang sangat populer yaitu Tugu Perdamaian Sampit atau disebut juga Bundaran Balanga yang berlokasi di Jl. Jend.Sudirman KM.3, Mentawa Baru Ketapang, Mentawa Baru Hulu. Disana aku berfoto-foto sebentar dan menikmati pentol yang ada di sekitaran Bundaran tersebut.

Tanpa berlama-lama aku pun melanjutkan perjalanan ku menuju hotel karna badan terasa sangat capek setelah perjalanan panjang, akhirnya aku pun sampai di hotel yang berada di Jalan Letjen Jl. MT. Haryono No.40A, Mentawa Baru Hulu.

Setelah beristirahat sebentar pada sore menuju malam aku pun pergi ke salah satu Ikon yang sangat terkenal yaitu Ikon Jelawat. Disana terdapat patung besar yang berbentuk Ikan Jelawat yang menjadi ciri khas dari Sungai Mentaya yang berada di Kota Sampit. Karna disana sudah mulai hujan akhirnya aku pun langsung berpindah tempat dan aku pun menuju salah satu tempat makan yang cukup terkenal di Kota Sampit.

Rumah Makan Blambangan menjadi salah satu rumah makan yang wajib kalian datangi jika mampir ke Kota Sampit. Disana banyak menyediakan ayam, tempe, tahu,lalapan dan juga sambal khas rumah makan tersebut yang menjadi ciri khas Rumah Makan Blambangan. Disana aku membeli 3 porsi ayam beserta tahu tempe dan jangan lupa dengan sambal nya.

Setelah kenyang makan besar di Rumah Makan Blambangan aku pun langsung mendatangi Terowongan Nur Mentaya yang katanya view disana sangat bagus apalagi jika di datangi di malam hari, dengan lampu lampu yang membentuk terowongan maka dari itu tempat ini di sebut Teworongan Nur Mentaya.

Karna hari semakin malam dan hujan pun masih tetap turun akhirnya aku pun memutuskan untuk kembali ke hotel dan beristirahat.

Pada hari ke 2 di Sampit aku pun berkunjung ke Pasar Ikan Mentaya Sampit yang berada di Jalan Pangeran Antasari No.29, Mentawa Baru Hulu. Disana terdapat banyak sekali jenis ikan termasuk Ikan Jelawat yang menjadi Ikon di kota tersebut. Tak hanya ikan saja disana pun banyak tersedia berbagai macam sayuran dan juga buah-buahan yang pasti rasanya enak dan juga harga nya murah.

Setelah berkeliling pasar aku pun beralih untuk membeli sarapan dan di pagi itu aku pun pergi ke Nasi Kuning Mama Rama yang berada di Jalan  Muchran Ali, Baamang Hilir. Disana banyak sekali pilihan menu nya ada nasi kuning, nasi uduk dan juga kupat yang rasa nya sangat enak sekali. Disini aku pesan semua menu yang ada disini dan semua nya sangat cocok di lidah aku.

Tak lama aku pun menghabiskan semua makanan yang aku pesan dan aku beralih ke salah satu toko yang berada di Kota Sampit, disini aku mampir ke Toko Dila yang ada di Sampit, disana tersedia banyak sekali makanan dari mulai kue tradisional, bolu, oleh oleh bahkan skincare pun ada terjual di Toko Dila itu. Sampai sampai aku pun bingung harus membeli apa aja di Toko tersebut.

Setelah belanja di Toko Dila aku pun pergi jalan jalan melihat sekeliling Kota Sampit disana aku mampir ke Rumah Betang sampit dan disana pun ada beberapa monumen bersejarah yang perlu kalian datangi jika sedang berkunjung ke kota ini.

Tak lama kemudian hari mulai siang aku pun pergi ke Rumah Makan Jolodong yang merupakan salah satu rumah makan yang menjual beberapa makanan khas Sampit. Disana aku pesan Ikan Jelawat Bakar, Ikan Patin Asam Manis, Urap, Udang Tepung, Tahu dan Tempe dan juga Sambal khas rumah makan ini.

Perut sudah terisi penuh saat nya aku pergi jalan-jalan disini aku pergi ke Pasar Al-kamal dan pasar ini memang buka dari sore hingga malam. Disini juga banyak sekali menjual makanan tradisional, minuman, ikan, sayuran dan beberapa buah-buahan. Di pasar ini aku membeli beberapa gorengan dan juga kue tradisional selama di pasar aku pun bertemu beberapa penonton debm disana aku di sambut dengan sangat baik dan warga Sampit semua ramah ramah.

Perjalanan pun aku lanjutkan kembali disini aku mendatangi salah satu museum yang kebetulan sedang mengadakan bazar makanan jadi tanpa membuang waktu aku pun meluncur kesana. Dan benar saja disana banyak sekali stand makanan dari mulai makanan khas sampai makanan modern ada. Aku mencoba beberapa makanan disana seperti Mie Habang, Sate Satean, Dimsum, Risol Mayo dan juga Pentol. Tak hanya itu saja, aku pun mendatangi tempat yang banyak sekali warga Sampit rekomendasikan jajanan ini, katanya jajanan ini wajib dicoba saat kita berkunjung ke Kota Sampit. Tentu saja aku membeli Telur Mata Gajah Amrozi. Telur mata gajah ini terbuat dari adonan terigu yang di beri telur puyuh lalu di siram dengan saus khas telur mata gajah ini. Rasanya bener bener enak sekali disini aku habis sekitar 10 biji, harga nya pun sangat terjangkau persatu biji nya di bandrol harga 1.500 rupiah saja.

Setelah kenyang sekali aku pun kembali ke hotel dan beristirahat karna sudah lelah berkeliling seharian dan juga sangat kenyang sekali.

Di hari ke 3 ini pada hari sabtu tanggal 7 Desember, aku pergi sarapan Soto Banjar Bang Ipul di Jalan Usman Harun No. 2, Baamang Hilir. Setelah sampai disini salah satu acil nya ternyata tau debm akhir nya kita pun berfoto dan acil nya sangat baik dan ramah sekali. Aku pesan Soto Banjar dan juga Sate Ayam yang sangat enak sekali dan disini juga jual beberapa oleh oleh dan juga bolu khas Sampit.

Tak terasa waktu sudah hampir siang aku pun pergi ke Alun-alun Kota Sampit dan disana terdapat tugu yang sangat besar sekali. Aku menghabiskan waktu lumayan lama di sana karna di alun alun ini sangat teduh terdapat beberapa pohon dan rerumputan untuk duduk menikmati suasana pagi menjelang siang itu.

Cuaca mulai sangat panas membuat aku ingin sekali meminum yang segar segar, setelah aku membuka komentar ada salah satu komentar warga Sampit yang menyuruhku untuk datang ke Es Teler 57 dan kebetulan sekali aku ingin minum yang segar segar. Kurang lebih 15 menit perjalanan aku pun sampai di Es Teler 57, tempat nya lumayan luas terdapat 2 tempat ada bagian dalam dan ada bagian luar. Aku pun memilih untuk di bagian dalam karna aku belum terbiasa dengan panas nya terik matahari di Sampit ini. Ada banyak sekali menu minuman, es krim bahkan cemilan pun ada loh disini. Aku membeli 4 jenis es yaitu, Es Teler Spesial, Es Teler Ori, Es Buah dan juga Es Campur. Karna aku gasuka durian jadi nya aku coba Es Buah nya yang enak, segar dan manis ini.

Setelah cuaca mulai sore aku pun pergi ke Ikon Jelawat lagi karna ini malam minggu pastinya aku gamau melewatkan malam minggu ku ini. Disana banyak sekali warga Sampit yang datang, dan berhubung besok nya aku harus beralih lagi ke kota lain ga mungkin lupa aku untuk membawa Angin Sampit. Angin disini pun tergolong angin yang sangat bersih karna di pinggir sungai. Aku pun langsung membungkus angin tersebut dan pada saat perjalanan pulang, aku bertemu penonton setia debm yang sedang menikmati indah nya Sampit sore itu, kita pun langsung berfoto dan yang sangat bikin takjub cuaca sore itu benar benar cerah dan indah sekali, sebelum pulang aku di suguhi dengan indah nya kota Sampit di sore hari.

Dimalam hari aku pun mulai merasa lapar akhirnya aku pergi mencari nasi goreng yang banyak di rekomendasika warga Sampit juga, disini aku membeli Nasi Goreng Asam Manis Abang Andut yang berlokasi di Ketapang, Kec. Mentawa Baru Ketapang. Pada saat saya sampai disana rumah makan nya sangat penuhh sekali sampai sampai aku ga kebagian tempat duduk jadi dengan berat hati aku pun membungkus nasi goreng tersebut untuk di makan di hotel.

Setelah sampai di hotel aku pun membuka nasi goreng nya dan siapa sangka isi nya sangat banyak sekali sampai sampai aku pun hampir tak sanggup menghabiskannya tetapi karna rasa nya yang begitu enak tanpa aku sadari dari setumpuk nasi goreng itu ternyata habis juga di cerna oleh perutku. Setelah makan dan kekenyangan akhirnya aku pun langsung terlelap.

Tak terasa pagi pun sudah datang kembali dan dengan berat hati aku pun harus segera beralih ke kota selanjutnya. Pada hari minggu itu aku pun tak ingin melewatkan untuk datang ke CFD kota Sampit. Sesampainya aku disana ternyata suasana nya sangat ramai sekali, banyak sekali orang berjualan dan banyak juga warga sampit yang datang untuk berbelanja, berolahraga atau hanya menemani anak anak nya bermain. Tidak lama lama karna waktu terus berjalan aku pun kembali melanjutkan perjalanan ku untuk datang ke kota lain.

Tak terasa yaa perjalanan 3 hari yang sangat menyenangkan ini harus berakhir juga, dengan berat hati aku harus mengucapkan selamat tinggal untuk warga Sampit. Terimakasih Sampit untuk perjalanan yang sangat menyenangkan ini, terimakasih untuk sambutan dan antusiasnya. Semoga segera kita bisa bertemu kembali. Terimakasih Sampit Sampai Jumpa Lagi.

List Makanan Yang Wajib Didatangi

  1. Rumah Makan Blambangan
  2. Kuliner di Terowongan Nur Mentaya
  3. Nasi Kuning Mama Rama
  4. Wadai
  5. Rumah Makan Jolodong
  6. Jajanan di Pasar Alkamal
  7. Telur Mata Gajah Amrozi
  8. Warung Lestari Rasa Soto Banjar Bang Ipul
  9. Toko Dila
  10. Rumah Oleh oleh Istana Jelawat
  11. Es Teler 57
  12. Resto Cita Rasa Mentaya
  13. Nasi Goreng Abang Andut

Leave a Reply