Mengunjungi Kota Cantik Palangka Raya, Walau Hanya 2 Hari Tapi Sangat Menyenangkan

Akhirnya sampai juga di kota terakhir yang aku kunjungi di Kalimantan Tengah, setelah kurang lebih 8 hari aku berkeliling di Pangkalan Bun dan juga Sampit, pada tanggal 8 Desember 2024 aku pun telah sampai di Kota Cantik Palangka Raya. Sekitar pukul 14.25 aku pun telah resmi sampai di Palangka Raya karna disini aku sudah melihat bundaran yang menjadi kebanggaan warga Kalimantan Tengah ini. Pertama kali melihat bundaran ini aku langsung terpukau dengan Monumen yang ada di tengah ini begitu besar dan luas sekali, dan yang membuat aku takjub yaitu saat malam hari dimana lampu di monumen ini menyala sungguh sangat cantik.

Setelah perjalanan panjang selama 6 jam dari Sampit menuju Palangka Raya, aku pun sudah merasa sangat kelaparan, dan setelah aku melihat komentar di postingan akun DEBM aku melihat banyak sekali warga Palangka Raya yang merekomendasika ke rumah makan ini, karna disana tersedia banyak sekali makanan Khas dari Kalimantan Tengah. Tanpa berfikir panjang aku pun langsung pergi ke Rumah Makan Kampung Lauk yang ada di Jalan RTA Milono No.12, Menteng. Setelah sampai aku terpesona dengan pemandangan yang ada di belakang rumah makan ini karna ternyata rumah makan ini ada di pinggir sungai kahayan yang begitu luas dan juga besar. Selain di suguhi dengan pemandangan sungai yang indah rumah makan ini juga menyediakan live music sehingga para pengunjung pun ikut terhibur dengan alunan musik yang di main band disini.

Tak menunggu lama akhirnya makanan yang ku pesan pun sudah datang , dan benar saja disini menjual berbagai makanan khas yang mungkin gaakan kalian temui di daerah lain. Aku pesan beberapa makanan nya seperti Ikan Riu Bakar, Jelawat Goreng Bombay, Gangan Masam Haruan, Oseng Kelakai, Tahu, Tempe dan juga Sambal. Karna perut sudah sangat lapar tanpa waktu lama semua hidangan yang sudah di sajikan langsung lenyap begitu saja.

Terasa badan begitu lelah dan pegal karna berdiam di dalam mobil selama 6 jam akhirnya aku pun memutuskan untuk beristirahat sebentar di hotel yang berada di sekitaran Bundara Besar itu.

Pada malam hari tiba aku pun melanjutkan perjalanan untuk menikmati keindahan Bundaran Besar di malam hari, sesampai nya aku disana aku benar benar takjub karna aku merasa seperti bukan di daerah Kalimantan, sungguh indah dan sangat luar biasa yang membuat aku berkali kali merasa takjub ketika melihatnya. Setelah aku merasa puas melihat Bundaran Besar ini aku pun melanjutkan perjalanan aku untuk membeli beberapa makanan. Disana aku mencoba seafood yang di jual di taman yang ada di Palangka Raya, katanya warung streetfood seafood ini sudah sangat terkenal dan setiap hari bisa habis ber kilo kilo seafood. Disini aku membeli beberapa kerang salah satu nya aku membeli makanan yang disebut “Ketuyung” . Ketuyung ini merupakan salah satu siput yang bisa kalian temui di sungai sungai. Rasa dari ketuyung ini sama dengan siput pada umum nya dia sedikit kenyal dan sedikit berlendir. Tetapi, kuah yang di sajikan disini sangat berempah dan sedikit pedas jadi tidak berasa amis sama sekali. Bagi kalian yang hendak berkunjung ke Palangka Raya wajib sekali untuk mencoba Ketuyung ini.

Hari semakin malam aku pun memutuskan untuk beristirahat dan melanjutkan perjalanan di esok hari.

Pada pagi hari itu aku langsung pergi ke Pasar Kahayan, disana aku bertemu dengan banyak penonton debm, kita pun berfoto dan mengobrol. Setelah selesai aku pun langsung melihat lihat sekitaran pasar. Aku melihat banyak sekali tanaman obat, peralatan dapur, kue tradisional, ikan, sayuran dan juga makanan khas Palangka Raya. Setelah berkeliling cukup lama aku pun melanjutkan perjalanan aku untuk keliling Kota Palangka Raya, disana aku meilhat beberapa bundaran dan Tugu salah satu nya Patung Tjilik Riwut, Tugu Soekarno, Bundaran Burung, Bundaran Patung Dayak dan masih banyak lagi.

Setelah berkeliling aku pun memutuskan untuk makan karna sedari pagi aku belum makan sama sekali lalu aku berkunjung ke Kedai Makan Om Nun. Disana pun menjual berbagai macam makanan khas dan aku pun memesan Baung Tanak, Oseng Pedas Rotan, Juhu Bajey, Wadi Patin, Ikan Lais Kering, Kandas Barania, Kandas Suna dan juga Kandas Sarai.

Setelah energi terkumpul kembali aku pun lanjut berjalan – jalan, disini aku mengunjungi tempat wisata nya warga Palangka Raya yaitu Wisata Air Hitam Sungai Sabangau. Disana kita disuguhi indah dan luas nya sungai dengan air yang berwarna hitam. Karena disini banyak perahu yang di sewa kan akhirnya aku pun menaiki perahu tersebut dan aku berkeliling mengelilingi sungai ini dan hal yang aku rasakan jujur aku sangat takut apalagi dengan kedalaman air, dan disini air nya cukup tinggi karna sudah memasuki musim hujan. Tetapi ini menjadi experience baru aku menaiki perahu walau pun menyeramkan tetapi sangat seru juga, di tambah dengan pemandangan yang sangat indah dan pada saat mulai memasuki hutan cukup agak menyeramkan tetapi seru. Setelah 30 menit aku di ajak berkeliling akhirnya aku kembali ke dermaga dan aku pun melanjutkan lagi perjalanan ku di Kota Palangka Baru.

Tidak kumplit rasanya kalau aku mendatangi Kota Palangka Raya tapi tidak menikmati indah nya Jembatan Kahayan. Maka, aku langsung mendatangi tempat yang biasa warga Palangka Raya kesini dan pada saat aku sampai kebetulan cuaca sedang tidak bagus dan sedikit gelap. Tanpa berlama – lama aku pun melanjutkan perjalanan untuk mencari oleh – oleh karna kebetulan besok aku sudah harus kembali ke Bandung.

Untuk membeli oleh oleh aku mengunjungi Toko Souvenir Melati karna disini menjual banyak sekali oleh-oleh, mulai dari makanan, kain hingga pajangan khas Kalimantan Tengah. Setelah berbelanja cukup kalap aku pun melanjutkan perjalanan ke Pelabuhan Rambang, katanya tempat ini sangat cocok untuk di datangi sore hari sambil menikmati sunset di pinggir sungai. Tak hanya oleh – oleh makanan saja aku pun tak akan lupa untuk membawa oleh – oleh yang sangat istimewa yaitu Angin Palangka Raya. Tidak mungkin sekali sudah datang jauh jauh kesini tapi tidak membawa angin nya.

Setelah puas menikmati sunset disini akhirnya aku pun kembali mencari bakso yang katanya enak dan wajib untuk di datangi jika sedang mampir ke Palangka Raya. Disini aku berkunjung ke Kedai Bakso Pentol Paman Rian yang berlokasi di JL. Yos Sudarso (seberang Hotel Andoraya) . Jujurly bakso disini sangat enak sekali, disajikan dengan ala prasmanan yang dimana kita bebas memilih mau bakso dan tetelan apa dan sebanyak apa sampai sampai aku kalap banget dan pesan yang sangat banyak. dan pas coba bakso nya ini benar benar enak dengan kuah yang lekoh di tambah bakso yang terasa daging nya ini merupakan perpaduan sempurna di dunia perbasoan dan mendapat nilai 100000/100+++ dari aku kalian wajib banget coba kesini yaa.

Hari ini adalah hari yang sangat melelahkan bagi ku, jadi disini aku langsung kembali ke hotel dan memutuskan untuk istirahat.

Dipagi hari ini merupakan hari terakhir aku di Kalimantan Tengah ini lebih tepatnya di Palangka Raya, dipagi hari ini aku memulai kegiatan dengan mengunjungi Warung Makan Ketupat Kandangan HJ Idah, disini aku pesan ketupat kandangan dan juga nasi kuning yang rasa nya benar benar enak apalagi ikan asap nya beneran juara banget. Setelah aku makan dan waktu aku hanya sisa sedikit lagi akhirnya aku langsung pergi ke Masjid Agung karna disini aku mau naik menara yang ada di masjid ini. Rasa nya tidak afdol kalau aku belum melihat Kota Palangka Raya dari atas sini. Dan benar saja setelah aku sampai terlihat sangat jelas Kota ini memang pantas untuk di sebut Kota Cantik karna pertataan kota yang sangat rapih dan juga bersih.

Setelah puas menikmati indah nya Kota Palangka Raya dari atas sini dan sudah waktu nya bagi ku untuk segera pulang kembali ke Bandung akhirnya aku pun memutuskan untuk segera berangkat ke Bandar Udara Tjilik Riwut. Setelah sampai disana aku berpamitan dengan temanku yang sudah menemani selama 10 hari perjalanan ku di Kalimantan Tengah. Rasanya sedih sekali jika harus berpisah dan aku merasa belum cukup puas untuk mengelilingi Kota Palangka raya ini dan karna kendala waktu yang memaksakan aku untuk kembali pulang.

Selesai sudah perjalanan ku yang menyenangkan di Kalimantan Tengah ini, semoga aku bisa segera kembali ke kota ini. Terimakasih yang sangat besar aku ucapkan ke semua warga Kalimantan Tengah untuk antusias dan sambutan yang di berikan untuk ku yang menjadi semangat aku untuk terus berkarya dan meningkatkan rasa ingin aku untuk melakukan hal yang lebih baik lagi.

Sampai jumpa kembali Kalimantan Tengah, Menyalaaaa Selalu Kalimantan Tengah.

Tempat yang wajib di kunjungi jika berkunjung ke Palangka Raya

  1. Bundaran Besar Palangka Raya
  2. Jembatan Kahayan
  3. Kampung lauk
  4. Streetfood Bundaran Besar
  5. Pasar Kahayan
  6. Wadi Om nun
  7. Rumah Betang
  8. Wisata Air Hitam Sungai Sabangau
  9. Menara Masjid
  10. Toko Souvenir Melati
  11. Pelabuhan Rambang
  12. Kedai Pentol Bakso Paman Rian
  13. Ketupat Kandangan HJ Idah

Leave a Reply