pada pertengahan bulan November kemarin, aku berkesampatan buat mengunjungi salah satu kota di Indonesia, yaitu kota Solo/Surakarta. Kota Solo ini memiliki banyak sekali tempat bersejarah dan juga batik sehingga banyak warga indonesia bahkan mancanegara yang berkunjung ke Kota Solo ini untuk melihat dan juga membeli batik disini maka dari itu Kota Solo ini dijuluki sebagai Kota Batik. Tetapi selain tempat nya yang bersejarah dan memiliki banyak batik, Kota Solo ini pun memiliki banyak sekali aneka beragam kuliner dan makanan khas. Sehingga aku akan banyak sekali merekomendasikan kuliner yang ada di kota solo ini.
pada tanggal 21 November 2024 saya berangkat dari Kota Bandung menuju Kota Solo dengan menggunakan kereta api yang bertujuan akhir di Stasiun Solo Balapan. Pukul 06.55 pagi hari aku mulai berangkat dari Stasiun Bandung dan selama di perjalanan aku di suguhi dengan pemandangan yang sangat indah sekali sehingga membuat saya tetap terbangun dan sangat menikmati indah nya suasana pagi itu.

Terlihat sangat indah nya pemandangan dari dalam kereta sampai membuat aku tak sadar sudah 8 jam lama nya di kereta dan tak terasa akhirnya aku sudah sampai di Kota Solo ini. Pada jam kedatangan sekitar pukul 15.15 tiba-tiba Kota Solo ini di guyur hujan yang cukup deras dan berlangsung lumayan cukup lama. Sekitar setengah jam berlalu hujan sudah mulai mereda aku langsung memesan kendaraan untuk mengantarkan ke hotel dan beristirahat sebentar. Selama perjalanan ke hotel aku melihat sekeliling kota solo yang sangat indah dan juga bersih, banyak sekali kegiatan Wong Solo di sekitaran jalan tersebut. Dari melihat beberapa becak, bus transportasi, angkot dan juga kereta di tengah kota yang sangat unik sekali. Setelah melewati Jalan Slamet Riyadi lalu aku berbelok ke Jalan Honggowongso lalu melewati Jalan kalilarangan dan aku melihat terdapat pasar yang sangat besar sekali dan menurut ojek online yang mengantar aku katanya pasar tersebut bernama Pasar Klewer, katanya ini pasar nya Wong Solo untuk membeli pakaian dan juga kain Batik. Dan setelah belok kiri dari Pasar Klewer akhirnya aku sampai juga di hotel yang berada di Jalan Doktor Radjiman, setelah sampai hotel dan badan sudah terasa sangat lelah akhirnya aku memutuskan untuk beristirahat sebentar di hotel.
Tak terasa waktu menunjukan pukul 18.25 dan perut sudah sangat keroncongan jadi aku memutuskan untuk segera berangkat untuk mencari makanan yang katanya wajib sekali di datangi ketika sedang berada di Kota Solo ini dan tanpa pikir panjang aku langsung mendatangi Nasi Liwet Yu Sani. Wong solo pasti tau nih Nasi Liwet Legend satu ini yang katanya sudah buka sejak 1980 dan pada saat aku sampai ternyata banyak sekali pilihan menu disana ada ayam suwir, uritan, brutu, ati ampela, usus, telur, tahu dan juga tempe dan kita bisa request untuk memakai topping apa aja. Pertama kali coba Nasi Liwet Yu Sani ini ternyata rasanya enaakk pollll disini aku pesen nasi liwet suwir di tambah telur, ceker dan juga sayur jangan lupa minum nya pesan es teh kampul yang rasanya enakk sekaliii.

Setelah makan di Nasi Liwet Yu Sani perutku masih terasa keroncongan mungkin karna perjalanan yang cukup panjang sehingga membuat aku benar benar kelaparan hahaha. Untuk makan malam ke 2 ini aku pergi ke tempat yang wajib di datengin juga katanya ini pun sudah buka sekitar 66tahun lama nya dan benar disini aku datengin Wedangan Mbah Wiryo. Disini aku pesen beberapa sate sate an dan juga susu jahe nya yang sangat cocok di udara dingin nya Kota Solo.
Setelah aku menikmati nikmatnya susu jahe dan juga sate sate an disana aku pun mulai merasa sangat ngantuk dan aku memutuskan untuk kembali ke hotel dan beristirahat kembali.
Pada pagi hari di hari ke 2 ini aku langsung pergi mencari sarapan di tempat yang katanya Pak Jokowi pun sering untuk sarapan di tempat ini. sekitar 15 menit akhirnya aku sampai di Soto Gading salah satu Soto yang sangat terkenal dan legend di Kota solo, disini aku pesan 1 porsi Soto dengan topping telur puyuh dan juga gorengan yang sangat nikmat sekalii, pantas saja Pak Jokowi sering sarapan disini ternyata rasa nya memang beneran enaakk sekaliii.
Setelah aku makan di Soto Gading aku pergi jalan jalan untuk melihat beberapa tugu yang ada di Kota Solo seperti Tugu Keris Solo, yang lokasi nya di Jalan Gilingan, tugu ini merupakan salah satu ikon Kota Solo dan tugu ini juga dekat sekali dengan Bendungan Tirtonadi dan juga Terminal Tirtonadi.

Setelah berkeliling di sekitaran Tugu Keris Solo aku langsung bergeser ke daerah Manahan disana aku mampir ke patung Soekarno dan juga ke Stadion Manahan yang sangat besar sekali.


Hari itu cuaca sangat panass sekalii jadi tanpa berlama lama aku langsung keliling lagi mencari makanan karna perut sudah mulai keroncongan lagi. Disini aku beli Kue Lumpur Bakar dan juga Serabi Solo Notosuman yang ternyata 2 kue ini sangat enakk sekalii, langsung aku bungkus 1 box Kue Lumpur Bakar dan Serabi Solo Notosuman dengan berbagai macam varian rasa.

Karna perut masih terasa keroncongan akhirnya aku mampir ke salah satu tempat legend di Kota Solo ini, pertama kali denger menu nya aku bener bener merasa asing dengan makanan ini akhirnya aku langsung coba dan ternyata rasa nya beneran enaakkk. Warung Selat Mbak Lies ga afdol kalau kita ga coba selat nya ini yang ternyata berisi daging sapi dan juga berbagai macam sayuran yang di siram kuah yang berasa asam manis dan semua perpaduan ini sangat cocok dan pada saat masuk mulut semua rasa bercampur aduk dan sangat enaakkk pollll. Wong Solo sangat beruntung karna punya makanan ini karna makanan ini cuman ada di Kota Solo.
Setelah menikmati Selat Solo, tanpa terasa waktu sudah menunjukan pukul 16.00 akhirnya aku segera beranjak ke tempat lain. di hari ke 2 ini aku berkunjung ke salah satu taman di kota solo yaitu Taman Sriwedari. Di taman ini terdapat Patung Gatotkaca dan Pregiwa dan disini juga terdapat pertunjukan wayang orang tetapi karna aku berkunjung terlalu sore jadi pertunjukan tersebut belum di mulai. Dan akhirnya aku memutuskan untuk kembali ke hotel dan beristirahat sebentar.
Setelah beristirahat sekitar pukul 18.50 aku pergi untuk jalan jalan malam di Kota Solo , destinasi pertama disini aku pergi ke Jalan Gatot Subroto disini banyak banget Wong Solo yang berkunjung dan menghabiskan malam hari di jalan ini, disini juga terdapat banyak sekali Wong Solo yang berjualan berbagai macam kerajinan yang lucu dan sangat bagus sekali. Setelah berjalan-jalan melihat berbagai macam aneka kerajinan disini aku langsung memutuskan untuk makan malam di daerah Jalan Honggowongso tepat nya di Sumber Bestik Pak Darmo disini aku pesan Bestik Daging dan juga Kulit Goreng yang sangat enak sekalii. Setelah kenyang menikmati makanan disini akhirnya aku memutuskan untuk kembali ke hotel dan beristirahat.
Di hari ke 3 ini aku pergi ke Pasar Harjodaksino yang ada di Jalan Yos Sudarso, Danukusuman. Di pasar ini terdapat banyak sekali macam macam sayuran, buah-buahan, ikan, ayam dan juga berbagai macam jajanan pasar yang unik dan juga nikmat. Setelah berkeliling selama 2 jam disini akhirnya aku beranjak dari pasar ini ke tempat makan untuk sarapan karna dari pagi hari aku belum makan sama sekali.
Setelah sekitar 20 menit di perjalanan akhir nya aku sampai di Tahu Kupat Sido Mampir yang ada di Jalan Gajah Mada, disana aku membeli satu porsi Tahu Kupat dan yang berbeda dari Tahu Kupat di tempat lainnya. Disini Tahu Kupat nya berisi lotong, mie, telur dan di siram kuah yang hampir sama dengan Selat Solo dan Tahu Kupat ini mendapat nilai 10000/100 karna rasanya beneran enakkk bangett.

Setelah istirahat di sini dan makan aku berlanjut ke salah satu tempat bersejarah di Kota Solo, disini aku pergi ke Keraton Kerajaan Hadiningrat. Disini aku berkeliling daerah keraton dan bertemu abdi dalem keraton yang sangat ramah sekali dan juga aku sempat berfoto dengan beliau. Wong Solo pasti banyak sekali yang sering berkunjung kesini.
Karna siang ini terasa sangat panas sekali akhir nya aku mampir ke Mall Solo Paragon untuk meneduh dari panas nya cuaca Kota Solo ini. Begitu besar dan luas serta mewah nya di Mall ini dan disini aku berkeliling dan menemukan jejeran topeng yang hanya warga solo yang tau nama nama dari topeng tersebut.



Setelah berjam-jam nya lama nya aku di Mall ini akhirnya aku mencari makanan karna aku mulai merasa lapar. Disini aku beli Bakso Pak Ruk aku beli baso kecil dengan bihun dan juga balungan yang sangat besar dan banyak daging nya. Bakso disini benar benar terasa bumbu apalagi di kuah nya yang kalau kata orang sunda sangat “Lekoh”.
Tak terasa Bakso pun habis akhir nya aku memutuskan untuk berganti pakaian karna seharian berjalan jalan dan badan terasa sangat lengket sekali. Berhubung hari tersebut malam minggu aku gamau ketinggalan moment malam minggu di Kota Solo ini. Walaupun di guyur hujan yang lumayan deras dari sore hingga malam akhirnya sekitar pukul 19.00 hujan pun reda juga. Aku memutuskan untuk langsung pergi ke Pasar Malam Ngarsopuro. Disana banyak sekali UMKM yang berjualan. Ada yang berjualan pakaian, makanan hingga ada pementasan dan juga band band yang bermain disana.
Sambil menikmati musik yang ada disana aku pun pergi ke tempat es krim legend yaitu Es Krim Tentrem. Disana terdapat banyak sekali pilihan es krim dan juga terdapat cemilan, minuman dan juga makanan berat yang banyak di sukai semua kalangan usia.
Tak terasa waktu sudah semakin larut dan karna besok nya hari minggu ga mungkin aku melewatkan hari yang sangat spesial yaitu CFD yang ada di Jalan Slamet Riyadi jadi aku memutuskan untuk kembali ke hotel.
Di pagi hari aku langsung berangkat ke CFD di Jalan Slamet Riyadi, disana banyak sekali makanan. Mulai dari makanan khas, legend dan juga modern. Disana banyak juga tempat bermain dan juga seniman seniman yang ada di CFD tersebut. Disini aku coba berbagai macam makanan yang sangat sangat enak dan gaakan aku temuin di kota kota lain.



Setelah berkeliling disini aku langsung bergeser ke salah satu daerah di Surakarta, disini aku pergi ke Kartasura yang lokasi nya di tempuh sekitar 40-50 menit dari Kota Solo.
Setelah sampai di Kartasura aku juga mampir ke berbagai tempat disana seperti De Tjolomadoe, Rasamadu Heritage dan juga Pasar Kartasura. Disana aku banyak menghabiskan waktu berjalan-jalan dan juga menikmati indah nya tempat tempat tersebut.

Tak terasa waktu sudah sore hari akhir nya aku memutuskan untuk kembali ke Kota Solo, karna sudah terasa lapar akhirnya aku makan sore di Srie Redjeki. Disana terdapat banyak sekali menu pilihan yang bisa kalian pilih dan untuk rasa jangan di ragukan lagi karna tempat ini pun sudah berdiri sejak tahun 1986.

Setelah kenyang menikmati makanan disini akhir nya aku memutuskan untuk kembali ke hotel dan beristirahat sebentar.
Di malam hari ini ga afdol rasa nya kalau belum cobain Timlo yang ada di Kota Solo. Disini aku membeli Timlo Mestro di Jalan Ahmad Dahlan yang merupakan salah satu tempat legend di Kota Solo sendiri. Disini aku membeli Timlo Komplit dan rasa nya sudah pasti enak sekali, rasa nya semua makanan di Kota Solo ini semua nya enak enak walau rasa nya terkadang dominan manis tapi masih cocok di lidah aku ini.
Di hari ke 5 ini aku memutuskan untuk sarapan pagi yang berada di dalam Pasar Gading yaitu Mie Toprak Yu Sri. Awal nya aku sangat bingung dengan Mie Toprak yang menurutku sangat asing di telinga ku dan ternyata pas pertama coba makanan ini sangat luar biasa enakk sekalii sampai sampai 1 porsi berasa ga cukup bagi aku.
Setelah makan Mie Toprak aku langsung bergeser dari kota solo, aku berkunjung ke tempat yang lumayan jauh dari Kota Solo. Untuk destinasi pertama disini aku pergi ke Kemuning lebih tepat nya aku dateng ke Kemuning Sky Hils. Setelah kurang lebih 2 jam perjalanan akhirnya aku sampai disana dan sayang sekali setelah sampai disana cuaca tidak mendukung hujan yang terus menerus dan juga sangat amat berkabut. Padahal jika cuaca bagus view disana pasti sangat indah sekali, tapi untung nya aku berhasil melihat keindahan walau hanya sebentar saja. Dan karna hujan tak kunjung berhenti akhir nya aku melanjutkan perjalanan ke dermaga yang lumayan agak jauh juga dari lokasi pertama ku.

Sebelum ke dermaga disini aku mampir ke Warung Makan Bu Ugi di Tawangmangu, dan disini pun hujan masih sangat deras sekali membuat aku merasa sangat lapar sekali dan aku membeli garang asam, sop iga dan juga gorengan yang sangat terkenal di Warung Makan Bu Ugi ini.
Setelah kenyang dan hujan mulai mereda sekitar 40 menit dari sini akhir nya aku sampai di Dermaga Telaga Sarangan. Dan tak disangka pemandangan disini sangat indah sekali walau sebagian tertutup kabut tetapi view nya masih sangat indah. Aku lumayan lama menghabiskan waktu di Dermaga ini karna sangat menyejukan hati dan pikiran.

Tak terasa waktu sudah sangat sore akhirnya aku memutuskan untuk kembali ke Kota Solo karna esok hari nya harus kembali pulang ke Kota Bandung. Dan karna berhubung besok pulang tak lengkap kalau belum membeli oleh oleh untuk orang tercinta dirumah. Disini aku langsung datengin tempat oleh oleh legend yang menjual kue khas yang sudah ada sejak 1930-an sudah pasti rasa nya sangat otentik dan nikmat sekali.
Setelah belanja dan cukup kalap akhir nya aku kembali pulang ke hotel untuk packing kembali persiapan pulang ke Kota Bandung.
Hari kepulangan ke kota asal akan selalu menjadi hari yang menyedihkan karna harus meninggalkan kota yang sangat indah dan bersih ini. 6 Hari di Kota Solo sangat tak terasa saking banyak nya tempat dan kuliner yang bisa aku kunjungi dan setiap tempat selalu menyimpan kesan yang sangat baik bagi ku, rasa nya ingin masih berada di Kota Solo dan masih ingin bereksplore ke lebih banyak tempat lagi. Mudah mudahan di lain waktu bisa segera kembali ke kota ini dan bisa segera di kembali keliling di Kota Batik ini.
Terimakasih banyak Kota Solo untuk 6 hari yang sangat menyenangkan, terimasih atas sambutan dan antusias nya, sampai bertemu lagi Kota Solo.



Disini beberapa rekomendasi tempat dan kuliner jika kalian mau pergi ke Kota Solo.
Kuliner
- Nasi Liwet Yu Sani Gemblegan
- Timlo Maestro
- Wedangan Mbah Wiryo
- Soto Gading
- Serabi Solo Notosuman
- Kue Lumpur Bakar
- Warung Selat Mbak Lies
- Sumber Bestik Pak Darmo
- Pecel Nasi Merah Bu Tar
- Bakmi Toprak Yu Sri
- Sosis Solo
- Tahu Kupat Sido Mampir
- Srie Redjeki
- Bakso Pak Ruk
- Warung Makan Bu Ugi
- Jajanan Pasar Gede
- Es Krim Tentrem
- Sate Buntel
- Angkringan
- Sate Kere
Tempat Yang Wajib Di Kunjungi
- Tugu
- Taman Sriwedari
- Pasar Gede
- Pasar Klewer
- Pasar Triwindu
- De Tjolomadoe
- Rasamadu Heritage
- Istana Keraton
- Alun-alun Keraton
- Pasar Malam Ngarsopuro
- Solo Art Market
- CFD
- Kampung Batik
- Museum
- Kemuning Sky Hils
- Dermaga Telaga Sarangan